Kamis, 10 April 2014

Ciptakan nyaman di dapur dengan kitchen set yang kompak

Memiliki sebuah dapur dan kitchen set yang indah dipandang mata tentu akan semakin lengkap bila nyaman digunakan. Bahkan seharusnya kenyamanan menjadi faktor utama dibandingkan mengejar sisi estetika semata. Untuk memperolehnya, banyak hal harus dapat terpenuhi, mulai dari ukuran dapur yang sesuai dengan proporsi tubuh penggunanya, kenyamanan secara thermal, pencahayaan yang memadai, serta sistem penyediaan air bersih dan pembuangan air kotornya yang memenuhi kesehatan. 

UKURAN DAPUR 
Merancang sebuah dapur dan kitchen set tentu saja membutuhkan standar ukuran tertentu yang harus ditaati. Kegunaannya tentu saja membuat segalanya menjadi nyaman dan pas dengan kondisi tubuh. Ukuran-ukuran berikut ini merupakan standar umum yang digunakan oleh para desainer dalam merancang sebuah ruang.

 1. Meja dapur/lemari bawah
Meja dapur kitchen set memiliki standar minimal 80 cm hingga ketinggian maksimal 90 cm dari permukaan lantai. Kisaran jarak tersebut harus disesuaikan dengan manusia yang akan menggunakan dapur, apakah orangnya bertubuh pendek atau tinggi semampai. Meja tempat meletakkan kompor dan sink ini sebaiknya setinggi pinggul penggunanya, agar tidak terus menerus membungkuk bagi yang tinggi dan yang pendek tidak membutuhkan sarana berpijak tambahan. Untuk mencegah kelembapan yang berasal dari lantai, kabinet kitchen set tidak diletakkan begitu saja di atas penutup lantai, biasanya diberi jarak ketinggian 6cm-10cm. Jarak ini juga bertujuan sebagai ruang bagi posisi kaki saat berdiri menghadap kabinet agar tidak terbentur muka kabinet. Lebar kabinet bawah standarnya 60 cm. Ukuran ini sesuai besaran kompor dan sink yang terletak di atasnya. Pada bagian island lebarnya bisa lebih dari angka tersebut tergantung fungsi dan luas ruang yang tersedia. Bila digabungkan dengan meja sarapan, island bisa mencapai lebar minimal 90 cm.
2. Kabinet atas
Ketinggian dasar kabinet atas juga disesuaikan dengan tinggi pengguna dapur kitchen set, kisarannya 130 cm - 155 cm dari permukaan lantai. Bila terlalu tinggi mengakibatkan kesulitan saat meraih benda yang disimpan pada kabinet atas, sedang bila jaraknya terlalu rendah kepala beresiko terbentur sisi kabinet. Ketinggian kabinet atas sendiri sekitar 35-50 cm. Lebih tinggi dari jarak maksimal membuat ruang penyimpanan di bagian paling atas tidak berfungsi dengan baik. Lebarnya berkisar antara 30-40 cm khusus untuk menyimpan benda-benda yang jarang digunakan.
Di antara kabinet atas dan bawah terdapat jeda setinggi 50-60 cm. Di bagian inilah, dinding dapur kitchen set biasanya diberi ornamen khusus, seperti mozaik, kaca cermin, lembaran stainless steel, hingga asesoris gantung.

3.Jarak ruang sirkulasi dan area kerja yang terletak di antara meja dapur/lemari bawah antara 130-160 cm. Jarak minimal tersebut memungkinkan dua orang bekerja saling membelakangi, sedangkan di jarak 160 cm orang dapat berlalu lalang di belakang orang yang sedang bekerja di dapur kitchen set. Jarak tersebut juga telah diperhitungkan dengan kondisi orang yang sedang membungkuk atau berjongkok membuka kabinet bawah.







Ingin memiliki dapur dengan kitchen set yang elegan dan kompak semacam kami
Segera hubungi kami di sini

0 komentar:

Posting Komentar