Rabu, 29 Oktober 2014

TIPS KITCHEN SET

TIPS KITCHEN SET

Dapur merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah hunian. Dalam perkembangannya, dapur kini menjadi perhatian yang khusus dalam perancangan interior. Kitchen set murah sebagai solusi perancangan untuk menjadikan dapur menjadi nyaman, praktis dan enak dipandang…ya kaaaan J

Pada dasarnya dapur dibedakan menjadi 2 yaitu dapur kering ( dapur bersih/ pantry) dan dapur basah ( dapur kotor . Dapur kering merupakan dapur yang digunakan untuk hal-hal yang sifatnya ringan dan sifatnya hanya untuk persiapan sebelum dihidangkan. Dan biasanya keberadaan dapur ini menjadi sebuah show unit interior dalam hunian, dengan lokasi yang berdekatan dengan meja makan ataupun ruang keluarga, melalui desain kitchen set murah yang enak dipandang dengan berbagai variasi. Sedangkan dapur basah untuk kegiatan proses memasak yang sifatnya berat, dengan lokasi berada di belakang dan relative tersembunyi dan biasanya untuk desain kitchen set murah ini lebih ke arah fungsional.

Namun seiring perkembangan interior dan keterbatasan lahan, , biasanya 2 jenis dapur tersebut menjadi satu fungsi yaitu dapur pantry (dapur kering dan basah) dan terkadang letak dapur berada 1 area dengan ruang keluarga dan bahkan beberapa rumah, dapur terletak di area depan rumah. Maka diperlukan desain kitchen set yang khusus, enak dipandang, nyaman bersih dan praktis sehingga bisa menjadi daya tarik interior anda serta anda tidak perlu canggung untuk menerima / mengajak kerabat atau tamu masuk ke area dapur pantry anda.

Ada beberapa tips seputar dapur dan kitchen set murah ini diantaranya ;
  1.  Upayakan letak dapur dalam rumah berdekatan / berhubungan langsung dengan penghawaan dari luar. Ini diperlukan untuk menjaga sirkulasi udara dan pencahayaan. Sirkulasi udara diperlukan agar udara bisa berganti, bau masakan atau bau tidak sedap bisa mengalir keluar. Selain itu untuk mencegak resiko kebakaran akibat kebocoran pipa dan tabung, karena gas dengan mudah berbaur dengan udara luar. Untuk pencahayaan juga diperlukan untuk menjaga kelembaban dan bisa membunuh bakteri dan kuman. Jika kedua hal tidak memungkinkan bisa menggunakan cooker hood untuk menghisap asap masakan dan membuat lubang cahaya dari plafon.
  2.  Upayakan lantai dapur lebih tinggi ± 3 – 5 cm atau minimal sama dengan lantai sekitar untuk memudahkan pembersihan kotoran.
  3. Sebelum membuat layout atau posisi dapur, sebaiknya kenali kebiasaan memasak anda terlebih dahulu. Hal ini akan sangat membantu dalam perencanaan kitchen set murah. Secara umum posisinya adalah persiapan ( meja persiapan), pengolahan ( kompor ) , pembersihan ( kitchen sink ) berurutan mulai dari kanan ke kiri. Namun hal ini kembali ke kebiasaan anda masing-masing dalam memasak.
  4. Pertimbangan penggunaan peralatan elektronik dalam dapur seperti microwave, blender, kulkas dsb karena tentunya memerlukan pasokan listrik sehingga perlu mempertimbangkan posisi stop kontak dan desain dalam kitchen set murah ini.
  5. Pemilihan bahan kitchen set murah yang sesuai dengan minat, fungsi dan kebutuhan. Jika dapur yang hendak Anda buat harus  memilih bak cuci piring, kompor gas  yang  portable atau stand stoove, maka untuk unit bagian bawah dapur Anda harus memilih material yang sangat kuat dan tahan terhadap air, uap panas, bahkan mungkin juga api serta mudah dalam membersihkannya. Juga diperhatikan daya tahan dan kekuatan material kitchen set murah tersebut. Ada baiknya yang memiliki daya tahan dan kekuatan yang memadai mengingat banyak peralatan yang akan disimpan dan intensitas penggunaan yang relative sering.
  6. Material toptable juga perlu diperhatikan. Ada beberapa pilihan menggunakan dak beton dengan finishing keramik ataupun batu granit. Kedua jenis itu cukup bagus dan kuat.
  7. Buatlah desain jumlah pintu dan laci pada kitchen set sesuai kebutuhan. Mengenali lebih dalam peralatan dan kebutuhan dapur anda yang akan menentukan jumlah rak, pintu dan laci dalam kitchen set murah ini. Tak hanya sebagai penyimpan, pintu kabinet pun dapat menjadi kamuflase untuk menutupi yang tak ingin terlihat, seperti tabung gas dan tempat sampah.
  8. Diperlukan adanya cooker hood atau penghisap hawa panas dari area kompor agar uap panas yang berminyak dapat tersedot keluar, terutama bagi dapur yang berukuran sangat kecil. Hal ini selain membuat ruang menjadi lebih sehat & nyaman juga membuat kitchen set Anda lebih awet.
  9. Ada beberapa pilihan model / gaya yang bisa dipilih ( modern, minimalis, klasik ) dengan berbagai macam pilihan warna .Sesuaikan nuansa warna kitchen set dengan selera serta warna dinding atau perlengkapan lain di dapur. 
  10. Backwall atau dinding dapur juga perlu diperhatikan untuk pemilihan materialnya. Pilihlah bahan yang mudah untuk dibersihkan. Bisa menggunakan keramik atau panel antinoda dengan berbagai pilihan motif dan warna tinggal menyesuaikan dengan nuansa kitchen set murah. Bahan lainnya adalah kaca yang sekaligus berfungsi untuk membuat kesan ruangan lebih luas.

Demikian beberapa tips seputar dapur dan kitchen set murah yang kami buat dan sadur dari beberapa sumber. Semoga mencerahkan anda dalam membuat, mendesain dan memilih dapur dan kitchen set murah.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar