Kamis, 18 Oktober 2018

HAL - HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MERENCANAKAN PEMBUATAN KITCHEN SET

Dapur merupakan salah satu elemen ruangan penting dan wajib ada di dalam rumah. Bagaimanapun rumah anda, seberapa luas dan sesempit apapun ukuran sebuah rumah atau penataan ruang yang paling sederhanapun tentu memiliki ruangan yang satu ini. Pasalnya, dapur merupakan ruangan yang paling penting dalam mewadahi kebutuhan pokok manusia yaitu kebutuhan pangan. Dapur ini digunakan sebagai tempat untuk menyiapkan makanan yang termasuk salah satu kebutuhan utama sehari-hari. Dapur termasuk salah satu ruangan tersibuk di rumah karena pasti digunakan lebih dari satu kali dalam sehari. Dengan tingkat kesibukan tersebut, sangat penting untuk memperhatikan penataan atau desain dapur supaya kita dapat beraktivitas dengan nyaman di dalamnya.
Saat ini tren yang sedang ramai adalah rumah dengan konsep minimalis. Hal ini muncul karena semakin berjalannya waktu, ketersediaan lahan semakin berkurang dan terbatas. Di sisi lain, permintaan kebutuhan lahan semakin bertambah seiring bertambahnya populasi manusia. Sejalan dengan hal tersebut, area dapur pun akhirnya juga menjadi sempit. Namun, hal tersebut bisa disiasati dengan memaksimalkan fungsi ruang tersebut dengan menghadirkan kitchen set dengan konsep minimalis untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan sekaligus bagaimana membuat kitchen set tersebut terkesan simpel dan rapi namun tetap mampu mewadahi kebutuhan memasak sehari-hari. 
Berikut ini adalah hal - hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan pembuatan kitchen set yang perlu diketahui :
Desain
Tentukan tema atau konsep desain kitchen set anda. Ada beberapa macam tema atau konsep yang bisa dipilih. Beberapa contohnya adalah tema modern, tema minimalis, tema retro, tema natural, tema klasik, tema industrial atau tema kombinasi dari tema-tema tersebut. Anda bisa mendiskusikannya dengan desainer interior atau perencana kitchen set untuk model - model yang sesuai dengan tema yang anda inginkan.
Ukuran 
Pada proses desain yang harus diperhatikan adalah ukuran. Ukuran bagian-bagian kitchen set juga menentukan kenyamanan anda dalam beraktivitas di dapur. Pada umumnya sudah ada standar ukuran ideal berdasarkan dimensi manusia secara umum. Pada proses perancangan, ukuran kitchen set harus disesuaikan dengan ukuran manusia. Untuk standarisasi, rata-rata tinggi manusia yang digunakan oleh patokan adalah 170cm-180cm. Dengan demikian, tinggi kitchen set kurang lebih total 220 cm. Tujuannya agar orang dewasa tidak kesulitan menjangkau tempat teratas maupun laci terbawah dari kitchen set tersebut. Apabila menghendaki tinggi lebih dari itu sah-sah saja untuk lebih memaksimalkan penyimpanan, namun anda membutuhkan alat bantu tangga kecil untuk menjangkau area yang lebih tinggi dari jangkauan anda.
Pembagian Kitchen Set
Kitchen set akan terbagi menjadi tiga yaitu kabinet atas, countertop atau top table (bagian 'meja' dapur yang datar dan terbuka), kompor, dan wastafel di bagian tengah, serta kabinet bawah.
Kabinet Atas: Bagian terbawah dari kabinet atas standarnya adalah 140 - 150 cm dari lantai. Dengan begitu, saat pintu lemari di buka, orang dewasa bisa langsung melihat apa yang ada di dalamnya. Jika terlalu rendah, kepala orang dewasa bisa terantuk saat melakukan kegiatan seperti mengiris, memblender, dan lain-lain di countertop. Untuk ukuran lebar, standarnya adalah 35 - 40 cm dengan ketinggian kabinet standar adalah 80 cm. Untuk lebar dibaut dengan ukuran tersebut supaya dalam beraktivitas tidak terantuk bodi kabinet atas.
Bagian Tengah: Bagian tengah ini merupakan backwall atau dinding yang biasanya terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan seperti keramik ataupun cermin. Standarnya bagian ini adalah berjarak 60 - 70 cm dari countertop ke bagian terbawah lemari atas. 
Kabinet Bawah: Permukaan countertop, kompor, dan wastafel untuk cuci piring tidak boleh lebih rendah dari 62,5cm dari lantai atau standarnya adalah 80 - 85 cm dari lantai. Jika terlalu rendah, orang dewasa harus membungkuk saat beraktivitas atau jika lebih tinggi orang dewasa juga akan beraktivitas terlalu banyak menahan tangan sehingga membuatnya cepat lelah.
Dengan tinggi 80 - 85 cm, orang dewasa bisa melakukan berbagai hal seperti memasak, mencuci piring, mengiris bahan makanan dalam posisi tegak dan rileks.

Countertop / Top Table

Countertop atau Top Table, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya berjarak 80 - 85 cm. Untuk material countertop secara umum ada beberapa macam antara lain : 
Dak Beton: Material ini yang paling sering digunakan. Menggunakan dak beton dengan teknik pengecoran. Untuk finishing paling umum adalah menggunakan keramik. Dak beton ini memiliki ketebalan pada umumnya 8 - 10 cm
Batu Granit: Material ini juga cukup populer karena tebalnya cukup tipis dan terkesan mewah serta aplikasinya yang mudah dan cepat. Batu granit ini memiliki ketebalan 2 cm dan untuk aplikasinya tinggal ditaruh di atasnya kabinet bawah dan direkatkan dengan perekat khusus. Selain itu, motif yang ditawarkan cukup variatif dengan warna-warna yang khas. Untuk kekuatan juga cukup kuat karena terbuat dari batu asli serta memiliki pori-pori yang kecil sehinga sangat pas untuk diaplikasikan sebagai countertop.
Solid Surface: Solid surface adalah material yang mirip dengan granit atau marmer. Bagaimana solid surface dibuat?? Material solid surface terbuat dari bahan resin dengan komposisi campuran bahan lainnya, sedangkan proses pembuatannya melalui proses pencetakan untuk kemudian dibentuk sesuai dengan pemesanan.Warna juga bisa bermacam - macam sesuai keinginan serta tingkat kepadatannya juga tinggi. Untuk ketebalan juga bisa diatur dan paling minim bisa relatif lebih tipis daripada granit atau marmer yaitu sekitar 1 cm. Untuk harga, Solid surface ini relatif lebih mahal dibandingkan dak beton dan granit.

Pembagian Ruang Dalam Kabinet

Ketahui kebutuhan anda dalam kitchen set karena sangat berpengaruh dalam desain kitchen set. Diantaranya, apakah ada microwave atau oven, lemari es, penyimpanan khusus untuk alat-alat masak yang besar serta apakah anda butuh aksesoris rak-rak tambahan khusus untuk rak piring, gelas dan botol
Sink dan Rak Piring Atas
Anda dapat membuat kitchen set minimalis terlihat lebih luas dengan memilih sink satu bowl/mangkuk. Hindari menggunakan banyak sink pada dapur minimalis modern karena hal ini justru akan memakan banyak ruang dan membuat dapur menjadi sempit. Untuk tipe sink satu bowl dan satu drain masih tidak ada masalah hanya saja pada drain rawan ditumpuki barang-barang sehabis dicuci yang menjadikannya tidak sedap dipandang. Untuk mengatasi hal tersebut rak piring atas bisa menjadi pilihan untuk "menyembunyikan"barang-barang sehabis di cuci yang biasanya ditempatkan tepat di atasnya sink agar lebih mudah.
Laci
Laci juga mutlak dibutuhkan untuk penyimpanan alat-alat masak atau makan yang ukurannya kecil-kecil. Bisa ditempatkan dalam satu baris kebawah laci semua. Selain itu bisa ditambahkan aksesoris mika sendok tanam laci yaitu tempat khususnya alat – alat seperti sendok, garpu, pisau, penggorengan, dan perlengkapan makan lainnya sehingga penyimpanan bisa lebih rapi.
Ketika sudah mendapatkan kitchen set minimalis murah atau kitchen set dari pembuat atau produsen yang jual kitchen set sesuai dengan ukuran dapur di rumah, pekerjaan anda masih belum selesai. Penataan dapur menjadi hal yang sangat penting karena jika salah dalam teknik menata, dapur menjadi kehilangan kesan minimalisnya. Anda dapat melihat gambar dapur sederhana untuk memudahkan penataan dapur. Untuk menata kitchen set minimalis, Anda harus menempatkan dengan urutan yang tepat. Urutkan posisi barang agar efektif digunakan pada saat memasak. Contohnya, tempatkan sink yang akan digunakan untuk mencuci bahan makanan yang akan dimasak. Setelah itu, tempatkan meja untuk memotong sayuran dan bahan masakan yang lain. Hindari area sink dan kompor yang bersebelahan karena itu akan merepotkan, tidak efektif dan higienis.
Selanjutnya Anda dapat menempatkan kompor atau oven untuk memasak. Berikutnya Anda tinggal menempatkan tempat bumbu-bumbu masakan atau peralatan lainnya yang mungkin dibutuhkan. Untuk bumbu - bumbu yang sering dipakai bisa diletakkan di ambalan terbuka sehingga tidak perlu buka tutup lemari kabinet tiap kali membutuhkan.Mengurutkan kitchen set ini sangat penting karena urutan atau penempatan yang benar akan memudahkan Anda pada saat melakukan aktivitas di dapur. Jadi Anda tidak perlu bolak balik di dapur yang justru menjadi kurang efektif untuk dilakukan atau hanya membuang – buang waktu dan bahkan bisa membuat lebih capek. Selain itu pengaturan kitchen set yang baik akan memudahkan Anda saat memerlukan berbagai peralatan yang digunakan.


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar