Kamis, 08 November 2012

Bagaimana Merencanakan Kitchen Set Dapur Yang Tepat?


Kitchen Set dapur ternyata bukanlah sebuah ruangan sederhana yang dapat kita wujudkan seketika. Di dalamnya, terdapat kompleksitas yang membutuhkan sebuah pemecahan desain. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan sebuah kitchen set dapur yang sesuai impian agar tepat sasaran?
Untuk mewujudkan sebuah kitchen set dapur idaman ternyata membutuhkan rencana matang dengan mempertimbangkan banyak faktor. Mulai dari siapa yang nanti menjadi penggunanya hingga benda apa saja yang akan diletakkan di sana sudah dipikirkan dan dipersiapkan sedari awal.
Beberapa hal di bawah ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan untuk merencanakan sebuah dapur.
  1. Pertama, perhatikan berapa jumlah anggota keluarga yang ada di rumah dan siapa saja yang kemungkinan besar sering berada di kitchen set dapur. Semakin banyak anggota keluarga yang aktif berperan serta di kitchen set dapur, maka dibutuhkan dimensi kitchen set dapur yang semakin luas.
  2. Kedua, bayangkan dan prediksikan kegiatan apa saja yang akan dilakukan di kitchen set dapur. Apakah kitchen set dapur hanya difungsikan untuk memasak atau digunakan untuk hal lain, seperti makan bersama. Semakin banyak fungsi yang dimiliki, akan semakin tinggi kompleksitas dapur untuk menampung semua kegiatan yang ada.
  3. Ketiga, lihat berapa besar luasan yang akan dijadikan kitchen set dapur. Apakah sudah cukup besar untuk menampung kegiatan dan jumlah pemakaiannya? Jika belum cobalah cari solusinya, apakah dengan memperluas ruangan atau mengurangi fungsi tambahannya.
  4. Keempat, pilihlah model kitchen set dapur yang sesuai dengan karakter dan kepribadian keluarga. Bila kitchen set dapur letaknya di dalam sebuah rumah dengan anggota keluarga yang sangat sibuk dan menuntut tingkat kepraktisan tinggi, maka kitchen set dapur bergaya modern dapat dijadikan pilihan. Namun bila keluarga yang menggunakan dapur menyukai nilai seni yang tinggi, kitchen set dapur etnik atau klasik tentunya lebih cocok. pada tahap ini kejujuran terhadap diri sendiri menjadi faktor penting. Jangan sampai model dapur dipilih hanya karena tren yang sedang berlangsung padahal bertolak belakang dengan karakter keluarga. Harus juga diingat, model yang dipilih hendaknya selaras dengan konsep keseluruhan bangunan rumah tinggal.
  5. Kelima, sesuaikan ukuran ruang kitchen set dapur yang ada dengan bentuk yang diinginkan. Misalnya bagi ruang berukuran mungil akan sulit sekali jika menginginkan dapur yang memiliki island pada bagian tengahnya karena akan memakan banyak tempat. Bagi yang memiliki ruang dengan besaran minim, sebaiknya lebih fleksibel dalam menentukan model dan bentuk dapur, yang terpenting adalah kenyamanan dan keamanan saat berkegiatan.
  6. Keenam, pilih bahan material yang akan digunakan. Pertimbangkan kualitas bahan dan keawetannya. Tengok juga isi kantong yang tersedia, jika isinya pas-pasan berarti kecermatan dalam memilih bahan material patut ditingkatkan. Tidak selamanya bahan berharga mahal memberi tampilan akhir yang indah. Pandai-pandai dalam memadupadankan agar kitchen set dapur terwujud sesuai keinginan.
  7. Ketujuh, pilih perangkat apa saja yang akan diletakkan pada dapur, seperti kompor, microwave, oven, cooker hood, kulkas,dish washer,sink, atau mesin cuci. Pilih yang benar-benar dibutuhkan dan dimensinya cocok dengan luasan dapur. Jangan paksakan untuk menempatkan perkakas berukuran besar pada dapur yang mungil karena dapat mengganggu kenyamanan.
  8. Kedelapan, pertimbangkan juga bahan bakar apa yang akan anda pilih untuk memasak, apakah gas atau listrik. Hal ini sangat mempengaruhi sistem instalasinya. Perencanaan sistem ini sedari awal membuat proses pengerjannya menjadi lebih cepat dan mudah.
  9. Kesembilan, perhatikan berapa banyak perabot masak dan peralatan makan yang akan disimpan di kitchen set dapur. Hal ini mempengaruhi jenis, besaran lemari penyimpanan, dan aksesori pelengkap di dalam lemari. Susun dan pilah mana yang sering digunakan dan mana yang jarang dipakai. hal ini berpengaruh pada letak lemari penyimpanannya. Barang yang sering dipakai disimpan di lemari bawah yang dekat dengan peralatan masak, sedang yang jarang digunakan dapat diletakkan pada bagian atas dari lemari penyimpanan.
  10. Kesepuluh, siapkan juga lemari penyimpanan makanan. Pikirkan juga rak di dalam lemari yang menunjang kemudahan dalam pengaturan penyimpanan bahan-bahan tersebut, seperti rak khususu untuk botol dan makanan kaleng. Ada baiknya pisahkan lemari penyimpanan bahan makanan kering dangan bahan makanan yang tidak bertahan lama.
  11. Kesebelas, pikirkan perangkat aksesori apa saja yang akan ditempatkan di dapur guna menunjang nilai estetisnya.
kitchen set minimalis murah malang surabaya
Contoh gambar perencanaan kitchen set

kitchen set minimalis murah malang surabaya
organisasi rak penyimpanan kitchen set

kitchen set minimalis murah malang surabaya
organisasi rak penyimpanan kitchen set



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar