Selasa, 06 November 2012

Variasi Gaya dan Bentuk Kitchen Set Murah Yang Menarik

Berbicara tentang desain kitchen set murah, ada berbagai macam style/gaya dalam perancangan/desain kitchen set murah yang tentu saja masing-masing style/model tersebut memberikan nuansa yang berbeda satu dengan yang lain. Kitchen set murah kini tidak hanya dipandang sebagai area kotor atau tersembunyi, melainkan bisa menjadi area yang justru mendukung suasana interior secara keseluruhan sehingga terkadang penempatan dapur/ kitchen set murah kini bisa menyatu dengan ruang keluarga ataupun justru berada di area depan. Style / model kitchen set murah sangat beragam diantaranya :
  • Modern. Model kitchen set murah berikutnya juga menjadi tren saat ini yaitu model modern. Secara desain mungkin hamper sama dengan kitchen set murah model minimalis, hanya saja model kitchen set murah modern lebih banyak variasi bahan dengan warna yang lebih ke arah natural tekstur kayu namun tetap dengan desain yang sederhana, simple dan praktis.
kitchen set minimalis murah malang surabaya
Kitchen Set Dapur Kotor Bergaya Modern
  • Minimalis. Model ini merupakan model yang sekarang menjadi tren karena secara desain sangat simple, praktis, terkesan bersih dan elegan secara desain. Desain benar-benar dirancang sesuai fungsinya, tidak ada permainan kaca maupun bidang yang berlebihan. Warna yang digunakan pun warna yang bersih , berkesan artificial dan bernada pastel. Kombinasi warna pun tidak berlebih, maksimal kombinasi warna pada kitchen set murah model ini hanya 2 warna.
kitchen set minimalis murah malang surabaya
Kitchen Set Dapur Bersih Bergaya Minimalis 

  • Klasik. Model kitchen set murah selanjutnya adalah klasik. Model kitchen set murah ini masih diminati oleh beberapa kalangan dan biasanya memang model tersebut menyesuaikan dengan tema interior yang senada. Model kitchen set murah ini murni menggunakan kayu solid dengan finishing politer, sending maupun melamic dengan warna natural kayu sesuai selera. Model ini juga banyak menggunakan profil pada desainnya. Tak jarang juga menggunakan kombinasi ukiran / detail pahatan kayu.
    kitchen set minimalis murah malang surabaya
    Kitchen Set Dapur Bergaya Klasik Hangat
Setelah mulai merencanakan dapur impian dengan mempertimbangkam gaya/style yang diinginkan, kini saatmya kita menentukan bentuk yang sesuai. Saat menginginkan kehadiran dapur di dalam rumah, kita tentu harus memikirkan bagaimana bentuknya agar sesuai dengan kondisi ruangan yang tersedia. Terdapat 5 (lima) bentuk dasar yang dapat digunakan sebagai panduan, namun kita masih bisa mengkonfigurasikan satu dengan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan ruang yang ingin dicapai. Hanya saja yang penting untuk diingat adalah penerapan prinsip segitiga kegiatan harus dapat terpenuhi secara maksimal agar nyaman beraktivitas.

Bentuk Linear/Single Line.

Dapur dengan bentuk seperti ini memiliki kitchen set yang letaknya memanjang dan menempel pada sebidang dinding. Perangkat masaknya secara berturut-turut mulai dari kulkas, sink, dan kompor terletak pada satu garis linear. Sebaiknya posisi sink berada di antara kulkas dan kompor, dengan tujuan untuk mempermudah alur kegiatan memasak. Bentuk ini, biasanya dimiliki oleh dapur dengan besaran ruang yang terbatas, seperti apartemen tipe studio atau hunian mungil lainnya. Tentu saja karena luasnya yang minim, mengakibatkan ruang gerak menjadi kurang leluasa sehingga dapur ini lebih cocok digunakan untuk satu orang saja.
kitchen set minimalis murah malang surabaya
Kitchen Set Bentuk Linear

Bentuk Double Line

Bentuk ini sebenarnya merupakan dapur linear yang saling berhadapan. Di antara keduanya terdapat jalur sirkulasi sehingga membentuk seperti koridor dengan jarak aman minimal 120 cm. Jarak ini memungkinkan orang beraktivitas dengan masih menyisakan jarak bagi orang lain untuk berjalan di belakangnya. Karena memiliki ruang yang lebih luas, maka letak perangkat makan menjadi lebih leluasa. Umumnya kompor dan sink berada di posisi yang bersebelahan sedangkan kulkas berada di seberangnya.
kitchen set minimalis murah malang surabaya
Bentuk Kitchen Set  Double Line
Bentuk L
Bentuk yang satu ini paling kerap ditemui karena bisa ditempatkan di sudut ruangan, baik yang sempit maupun yang berukuran besar. Area sirkulasi pada dapur bentuk L relatif nyaman karena ruang geraknya lebih leluasa. Bentuk yang siku memungkinkan letak sink, kompor dan ruang penyimpanan yang saling berdekatan namun nyaman digunakan. Di bagian sudut dapur bentuk ini sering menjadi kendala dalam menyimpan barang, karea posisinya yang menyempit. Untuk itu dibutuhkan sebuah rak tambahan yang berfungsi mempermudah proses mengambil dan menyimpan barang.

kitchen set minimalis murah malang surabaya
Kitchen Set Bentuk L

Bentuk U
Bila membutuhkan ruang penyimpanan yang luas, dapur ini bisa dijadikan pilihan. Bentuk yang seperti kantong dapat dimanfaatkan secara maksimal pada setiap sisinya. Kebutuhan ruang yang cukup besar menjadi satu kekurangannya, sehingga tidak semua rumah cocok menerapkan model ini. Sama seperti bentuk double line, jarak antar kitchen set-nya minimal 120 cm, namun jarak 150 cm lebih direkomendasikan.
kitchen set minimalis murah malang surabaya
Kitchen Set Bentuk U

Bentuk Dapur Ber-Island
Keeksklusifan dapur ber-island memang menjadi daya tarik tersendiri. Island ini dapat ditempatkan pada dapur linear, bentul L maupun bentuk U dengan posisi bisa berada tepat di tengah ruang ataupun pada salah satu sudutnya. Dimensi ruang yang luas memang diperlukan untuk menerapkan dapur ini di rumah. Karena posisinya sebagai daya tarik, tak heran island didesain lebih istimewa dibanding bagian dapur lainnya. Island yang ada dpat digunakan sebagai meja persiapan, tempat kompor atau sink, atau sebagai meja sarapan dengan lemari penyimpanan di bagian bawahnya. Karena fungsinya yang beragam, besaran island disesuaikan dengan kebutuhan.
kitchen set minimalis murah malang surabaya
Kitchen Set Ber-Island

0 komentar:

Posting Komentar